Minggu, 23 Oktober 2011

METODE RISET BAB 2



METODE RISET BISNIS

Showroom dan bengkel Honda
1.Latar belakang
Dewasa ini kemajuan dan perkembangan melanda segala aspek kehidupan. Persaingan bisnis diantara perusahaan semakin ketat baik di pasar domestik maupun internasional. Untuk memenuhi kepuasan konsumen pada industri jasa, kualitas pelayanan harus dikelola dengan baik. Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan konsumen (Tjiptono, 1997:59). Dengan semakin banyaknya masyarakat memiliki kendaraan bermotor, maka banyak sekali menciptakan peluang pekerjaan bagi masyarakat baik itu sebagai pemilik dealer kendaraan, sebagai penjual motor bekas, maupun dengan usaha pendirian bengkel kendaraan bermotor. Banyak sekali bengkel yang beroperasi di Indonesia baik bengkel dealer yaitu bengkel yang memberikan pelayanan pada kendaraan dengan merk tertentu seperti AHASS yang memberikan pelayanan pada motor Honda, bengkel pelayanan umum yaitu bengkel yang mampu melayani perawatan dan perbaikan pada beberapa komponen pada sebuah kendaraan, bengkel pelayanan khusus yaitu bengkel yang memiliki spesialisasi dalam hal perawatan dan perbaikan salah satu elemen kendaraan misal bengkel Dinamo,
2.Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan permasalahan dengan tujuan untuk memperjelas permasalahan dan dalam usaha mengungkapkan secara lebih rinci mengenai aspek yang hendak dikaji. Adapun perumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1. Apakah variabel kualitas layanan (tangible,  responsiveness,  reliability, assurance, emphaty) secara individu berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang?
2. Apakah variabel kualitas layanan (tangible,  responsiveness,  reliability, assurance, emphaty) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang?
3. Apakah variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel mediating berpengaruh terhadap keputusan pembelian jasa perbaikan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang?
3. Tujuan
Maksud dalam penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah:
1. Untuk mengetahui secara individu pengaruh variabel kualitas layanan (tangible,  responsive,  reliability,  assurance, emphaty) terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang.
2. Untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh variabel kualitas layanan (tangible,  responsive,  reliability,  assurance, emphaty) terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang.
3. Untuk mengetahui pengaruh variabel kepuasan pelanggan sebagai variable mediating terhadap keputusan pembelian jasa perbaikan di Bengkel AHASS 1013 Jl. Kaligarang No. 52 Semarang

4.Profil organisasi
Pemilik:  Adik Tri Kustanto
Montir: Wahyu stevanus
             Pandu Wiranegara
Kasir   : Nina rosdiana

Adik trikustanto bertugas sebaik pemilik Showroom Honda tersebut yang bertugas untuk mengandle dan mengatur keperluan yang di perlukan di showroom tersebut dan juga sebagia seorang pemimpin harus berbuat bijaksana kepada karyawannya, mengatur kauangan yang dihasilkan dari pada showroom tersebut
Wahyu stevanus dan panduwiranegar sebagai montir bertugasmemberikan pelayanan terbaik bagi konsumen yang akan men service motornta di bengkrl Honda ini agar konsumen tidak merasa kecewa maka pelayanan yang bekerja di showroom Honda ini harus memberikan service yang excellen agar konsumen merasa puas dan tertarik pada produk showroom Honda tersebut
Nina yang sebagi kasir bertugas untuk mengatur administrasi dan memberikan pelayan terbaik kepada konsumen contoh hal kecil dalam menyapa pelanggan dan haru lembut dalam menyapa konsumen


5.Aktivitas KP
Dalam proses penelitian saya selalu ingin tahu cara dalam service motor tersebut lalu saya mengamati para montir yang sedang melakukan pekerjaannya ini dengan sangat teliti hingga saya bisa dalam melakukan service motor dengan sendirinya, saya melakukan penelitian ini selama 3 hari berturut-turut


6.Hasil
Hasil yang saya dapatkan adalah saya mulai mengerti bagaimana cara service motor yang baik itu dan bagaimana cara melayani konsumen dengan ramah-tamah itu jadi konsumen akan merasa puasa akan pelayana di bengkel Honda ini  dan hasil dari service motor tersebut sangat memuaskan oleh karena itu konsumen tidak pernah ada yang komlain atas kinerja para montir yang bekerja di bengkel Honda tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar