Jumat, 23 September 2011

tugas kuliah metode riset bisnis


metodE riset bisnis
Analisis Jurnal Ilmiah oleh: Nama: Adik tri kustanto, NPM: 34209443

1. Judul: "STRATEGI PEMASARAN PADA BENGKEL AHAS
    Pengarang: Aditya wardana
    Tahun: 2007

2. Tema: Pelayanan pelanggan


3. Latar Belakang Masalah:

Honda adalah merek dari suatu produk dibidang otomotif yakni motor. Honda ini sendiri adalah salah satu merek yang sudah lama berkembang dalam dunia otomotif di dunia, terutama di Indonesia sendiri dan Honda telah dipercaya serta di akui oleh masyarakat di Indonesia, dapat di lihat dari penjualanya, dari tahun ke tahun honda selalu dapat melampui merek lainya. Faktanya adalah tingkat penjualan di seleuruh Indonesia dapat mencapai 100.000 unit/tahun, bahkan dapat melebihi angka tersebut
Maraknya perkembangan sepeda motor di tanah air, memberikan angin segar bagi pertumbuhan usaha atau bisnis perbengkelan, serta berjualan asesories motor. Khususnya untuk bengkel motor, kini pihak konsumen sering dihadapkan pada banyak pilihan, apakah servis motor seharusnya masuk ke bengkel resmi ATPM Harus diakui bahwa bisnis bengkel kini sangat menggiurkan, bahkan sangat menjajikan, dan tidak akan mengenal surut. Lihat saja disekitar kita, selain banyaknya bengkel resmi dari pihak ATPM, juga dibarengi dengan pertumbuhan bengkel-bengkel di pinggir jalan mulai dari kios biasa, hingga ruko (rumah toko) yang mewah. Semua ini terjadi akibat populasi kendaraan bermotor roda dua yang kini jumlahnya sudah mencapai angka jutaan.
Angka jutaan dari populasi kendaraan sepeda motor ini, paling tidak membutuhkan perawatan atau servis rutin agar motor tetap prima. Hanya saja, disini kita sebagai konsumen perlu waspada, karena tidak semua bengkel dapat memberikan servis yang baik, atau yang sesuai dengan keinginan kita. Malah sering ditemukan ada banyak bengkel yang tidak perlu ngantri panjang, tapi kerjanya asal-asalan. Sebaliknya, ada juga bengkel yang sangat ramai, antrinya luar biasa, tapi mendapatkan hasil yang memuaskan


4.Masalah:
Sebagai institusi jasa, bengkel AHASS tidak hanya dituntut untuk
memenuhi pelayanan dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing
untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan memberikan kualitas
pelayanan yang terbaik. Tuntutan ini adalah mutlak agar tercipta sebuah
loyalitas konsumen yang kelak akan menjadi aset yang berharga bagi
perusahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu konsep berwawasan pelanggan
dimana bengkel memusatkan perhatian penuh terhadap kebutuhan dan
keinginan konsumen.

5. Tujuan Riset:
 
a. Untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan bengkel Honda AHASS
b. Untuk menganalisis pengaruh customer relationship manajemen terhadap
nilai pelanggan bengkel Honda AHASS.

6. Teori & Penelitian:
Bernardin dan  Russel  (dalam  Ruky,  2002:15)  memberikan pengertian atau kinerja sebagai berikut : “performance is defined as the record of outcomes produced on a specified job function or activity during time period.  Prestasi atau kinerja adalah catatan tentang hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi  pekerjaan  tertentu  atau kegiatan  selama  kurun  waktu  tertentu.
Menurut Gibson, dkk (2003: 355), job performance adalah hasil dari pekerjaan yang terkait dengan tujuan organisasi, efisiensi dan kinerja kefektifan kinerja lainnya. Sementara menurut Ilyas (1999: 99), kinerja adalah penampilan hasil kerja personil maupun dalam suatu organisasi. Penampilan hasil karya tidak terbatas kepada personil yang memangku jabatan fungsional maupun struktural tetapi juga kepada keseluruhan jajaran personil di dalam organisasi.

Dimensi Kualitas Pelayanan:
Perusahaan yang berorientasi kepada konsumen akan selalu memberikan kualitas pelayanan semaksimal mungkin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis kualitas pelayanan bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) pelanggan pada bengkel AHASS

Kepuasan Pelanggan:
menurut Kotler (1997), kepuasan pelanggan adalah kepuasan atau kekecewaan yang dirasakan konsumen.

7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas

8.
 Kesimpulan:
dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang di berikan kepada pelanggan agar bias memuaskan pelanggan alhasil pelanggan pun merasa puas atas kinerja dari jasa bengkel ahhas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar