Analisis Jurnal Ilmiah oleh: Nama: Adik tri
kustanto, NPM: 34209443
1. Judul: "STRATEGI PEMASARAN PADA BENGKEL AHAS
Pengarang: Aditya wardana
Tahun: 2007
2. Tema: Pelayanan pelanggan
3. Latar Belakang Masalah:
1. Judul: "STRATEGI PEMASARAN PADA BENGKEL AHAS
Pengarang: Aditya wardana
Tahun: 2007
2. Tema: Pelayanan pelanggan
3. Latar Belakang Masalah:
Honda adalah merek dari suatu produk dibidang otomotif yakni motor. Honda ini sendiri adalah salah satu merek yang sudah lama berkembang dalam dunia otomotif di dunia, terutama di Indonesia sendiri dan Honda telah dipercaya serta di akui oleh masyarakat di Indonesia, dapat di lihat dari penjualanya, dari tahun ke tahun honda selalu dapat melampui merek lainya. Faktanya adalah tingkat penjualan di seleuruh Indonesia dapat mencapai 100.000 unit/tahun, bahkan dapat melebihi angka tersebut
Maraknya perkembangan sepeda motor di tanah air,
memberikan angin segar bagi pertumbuhan usaha atau bisnis perbengkelan, serta
berjualan asesories motor. Khususnya untuk bengkel motor, kini pihak konsumen
sering dihadapkan pada banyak pilihan, apakah servis motor seharusnya masuk ke
bengkel resmi ATPM Harus diakui bahwa bisnis bengkel kini sangat menggiurkan,
bahkan sangat menjajikan, dan tidak akan mengenal surut. Lihat saja disekitar
kita, selain banyaknya bengkel resmi dari pihak ATPM, juga dibarengi dengan
pertumbuhan bengkel-bengkel di pinggir jalan mulai dari kios biasa, hingga ruko
(rumah toko) yang mewah. Semua ini terjadi akibat populasi kendaraan bermotor
roda dua yang kini jumlahnya sudah mencapai angka jutaan.
Angka jutaan dari populasi kendaraan sepeda motor
ini, paling tidak membutuhkan perawatan atau servis rutin agar motor tetap
prima. Hanya saja, disini kita sebagai konsumen perlu waspada, karena tidak
semua bengkel dapat memberikan servis yang baik, atau yang sesuai dengan
keinginan kita. Malah sering ditemukan ada banyak bengkel yang tidak perlu
ngantri panjang, tapi kerjanya asal-asalan. Sebaliknya, ada juga bengkel yang
sangat ramai, antrinya luar biasa, tapi mendapatkan hasil yang memuaskan
4.Masalah:
Sebagai
institusi jasa, bengkel AHASS tidak hanya dituntut untuk
memenuhi
pelayanan dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing
untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan memberikan kualitas
pelayanan
yang terbaik. Tuntutan ini adalah mutlak agar tercipta sebuah
loyalitas
konsumen yang kelak akan menjadi aset yang berharga bagi
perusahaan.
Oleh karena itu diperlukan suatu konsep berwawasan pelanggan
dimana
bengkel memusatkan perhatian penuh terhadap kebutuhan dan
keinginan
konsumen.
5. Tujuan Riset:
a.
Untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan
bengkel Honda AHASS
b.
Untuk menganalisis pengaruh customer
relationship manajemen terhadap
nilai pelanggan bengkel Honda AHASS.6. Teori & Penelitian:
Bernardin dan Russel (dalam Ruky, 2002:15) memberikan pengertian atau kinerja sebagai berikut : “performance is defined as the record of outcomes produced on a specified job function or activity during time period. Prestasi atau kinerja adalah catatan tentang hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi pekerjaan tertentu atau kegiatan selama kurun waktu tertentu.
Menurut Gibson, dkk (2003: 355), job performance adalah hasil dari pekerjaan yang terkait dengan tujuan organisasi, efisiensi dan kinerja kefektifan kinerja lainnya. Sementara menurut Ilyas (1999: 99), kinerja adalah penampilan hasil kerja personil maupun dalam suatu organisasi. Penampilan hasil karya tidak terbatas kepada personil yang memangku jabatan fungsional maupun struktural tetapi juga kepada keseluruhan jajaran personil di dalam organisasi.
Dimensi Kualitas Pelayanan:
Perusahaan yang berorientasi kepada konsumen akan selalu memberikan kualitas pelayanan semaksimal mungkin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis kualitas pelayanan bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) pelanggan pada bengkel AHASS
Kepuasan Pelanggan:
menurut Kotler (1997), kepuasan pelanggan adalah kepuasan atau kekecewaan yang dirasakan konsumen.
7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas
8. Kesimpulan:
dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang di berikan kepada pelanggan agar bias memuaskan pelanggan alhasil pelanggan pun merasa puas atas kinerja dari jasa bengkel ahhas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar