Kamis, 18 November 2010

kiat menjadi wirausahawan yang sukses


Nama: Adik Tri Kustanto
NPM: 34209443
Kelas: 2DD01
Materi: Kiat menjadi wirausahawan yang sukses

Sumber rujukan: www.bisnise.com

Untuk memulai usaha bengkel mobil diperlukan modal awal berupa peralatan bengkel dan area parkir mobil yang lumayan luas dari pada bengkel motor. minimal bisa menampung tiga buah mobil sekaligus. adadpun estimasi  peralatan bengkel yang harus dibeli :
1.engine scanner alat alat seperti  Carman scan Lite , x431 diagun, car brain C 168, Untrascan P1, harga alat alat ini sekitar 20-30 jutaan.
2.alat tester mesin mobil : Alat tester terminal OBD 2 juta, alat tester injektor bensin & ultra cleaner 15 juta, diesel smoke meter NHT 6 harga 30 juta, alat tes busi 600 ribu.
3.BOKS berkakas , Berbagai kunci pas ring, dongkrak buaya dengan berbagai kapasitas 2,5 ton, 2 ton, sampai 3 ton. Engiine crane kapasitas 1 dan 2 ton dengan harga antara 3 s/d 5 juta. berbagai jenis dan ukuran obeng, buku otomotif..selain itu kita juga harus menyediakan spare part mobil yang  dibutuhkan. siapkan jenis jenis spare part mobil yang paling banyak dibutuhkan baik yang asli maupun kwalitas lainnya.
Adapun trik atau tips sukses membuka bengkel mobil
- ikuti perkembangan teknologi automotif sehingga bengkel tetap diminati, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menjalin relasi kepada pihak pihak perusahaan mobil dan mengikuti seminar seminar otomotif.
- Jalin relasi dengan bengkel bengkel yang lain, baik resmi maupun bengkel umum sehingga saat mereka tidak bisa menyelesaikan satu pekerjaan dapat dialihkan ke bengkel kita.
- Upayakan memiliki layanan seperti bengkel resmi. artinya setiap pelanggan pasti puas dengan pelayanan kita kalau perlu apabila terjadi komplain ulang  / kerusakan ulang berikan jaminan bebas biaya servis selain biaya spare part.
TIPS ATAU TRIK UNTUK MEMBUKA BENGKEL CUCU MOBIL
  1. lokasi  usaha car wash usahakan dekat di tepi jalan raya, minimal dilewati sekitar 20-30 mobil / menit dari jenis mobil pribadi. yang paling bagus adalah lingkungan jalan raya yang ada di sekitar penduduk pemilik mobil , hindari lokasi jalan raya yang dilewati oleh arus jarak jauh. biasanya pengendara perjalanan jarak jauh seperti antar propinsi tidak akan mencuci mobilnya sebelum sampai tujuan atau sampai pulang.
  2. Ideal luas lokasi minimal 500m2.dirikan bengkel dan lokasi ruang tunggu yang senyaman mungkin. perhatikan kebersihan kenyamanan, jangan mentang mentang di bengkel lantas membiarkan konsumen mencium bau oli selama menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar